Breaking News
Upacara Hardiknas 2024
Upacara Hardiknas 2024 di SMP Al Irsyad Banyuwangi

Peran Guru dalam Mencerdaskan Bangsa: Pesan Ki Hajar Dewantara Pada Upacara Hari Pendidikan Nasional

Peran Guru dalam Mencerdaskan Bangsa: Pesan Ki Hajar Dewantara Pada Upacara Hari Pendidikan Nasional

Pada tanggal 2 Mei 2024, SMP Al Irsyad Banyuwangi menyelenggarakan upacara istimewa dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Dalam acara tersebut, Drs. Ali Bakrisuk, Manajer Pendidikan Al Irsyad Banyuwangi, memegang peran sebagai pembina upacara. Dalam sambutannya, beliau menekankan betapa pentingnya peran seorang guru sebagai garda terdepan dalam upaya mencerdaskan bangsa.

Baca juga berita lainnya

Guru tidak hanya sekadar mengajar materi pelajaran, tetapi juga memiliki tanggung jawab yang besar dalam membentuk karakter dan kepribadian peserta didik. Mereka merupakan sosok teladan yang harus memberikan motivasi dan inspirasi kepada generasi muda agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi individu yang berkualitas. Hal ini sejalan dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara, pendiri pendidikan nasional Indonesia, yang menekankan pentingnya pendidikan sebagai upaya untuk mengembangkan potensi anak-anak secara holistik. merdeka belajar dan trilogi pendidikan yaitu meliputi;

Ing Ngarso Tuladha
Seorang guru harus mampu memberikan suri tauladan bagi peserta didik dan lingkungannya. Dalam arti seorang guru harus menjadi contoh yang baik bagi peserta didik yang diajarnya. Tidak hanya memberi contoh semata saja tetapi juga melaksanakan dengan baik sebagai guru yang bijaksana dan berteladan.

Ing Madya Mangun Karsa
Seorang guru harus mampu menumbuhkan semangat swakarsa bagi para peserta didik diajarnya. Semangat atas keinginan atau kemauan dari diri sendiri tanpa ada paksaan dari pihak lain. Untuk menumbuhkan rasa semangat dibutuhkan sosok guru yang memiliki rasa peduli dan perhatian kepada peserta didiknya. Mampu memberikan dukungan-dukungan agar peserta didik dapat belajar dengan percaya diri.

Tut Wuri Handayani
Seorang guru harus mampu mendorong peserta didik agar berani berjalan di depan dan sanggup bertanggungjawab. Guru yang tegas adalah yang berhasil membentuk karakter peserta didiknya untuk menjadi sosok yang berani dan siap bertanggungjawab atas apa yang telah ia kerjakan.

Seorang guru yang baik tidak hanya menguasai materi pelajaran, tetapi juga mampu menjadi pembimbing, teman, dan teladan bagi siswanya. Mereka harus memiliki dedikasi yang tinggi, kesabaran, empati, serta kemampuan untuk memahami kebutuhan dan potensi setiap siswa secara individual. Dengan cara ini, guru dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, mendukung, dan mendorong perkembangan optimal bagi setiap siswa.

Selain itu, guru juga berperan dalam membentuk sikap kritis, kreatif, dan inovatif pada peserta didik. Mereka harus mampu menginspirasi siswa untuk berpikir secara analitis, mengembangkan ide-ide baru, serta menjelajahi berbagai kemungkinan dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, guru tidak hanya mengajarkan apa yang harus dipikirkan, tetapi juga bagaimana cara berpikir yang baik dan benar.

Check Also

Kolaborasi Kunci Meningkatkan Mutu Pendidikan

Banyuwangi 14 Mei 2024, SMP Al Irsyad Banyuwangi kedatangan Tim Direktur Eksekutif Pendidikan Al Irsyad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *