Breaking News
SOBAT SMP Al Irsyad Banyuwangi
SOBAT (Sekolah Orang Tua Hebat) di SMP Al Irsyad Banyuwangi

Program SOBAT: Sekolah Orang Tua Hebat di SMP Al Irsyad Banyuwangi

Banyuwangi 11 Mei 2024, Pendidikan merupakan tanggung jawab bersama antara sekolah dan orang tua. Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak tidak hanya bertujuan untuk mendukung proses belajar di sekolah, tetapi juga memainkan peran penting dalam perkembangan anak secara keseluruhan. Hal ini menjadi dasar dari program Sekolah Orang Tua Hebat (SOBAT) yang diselenggarakan oleh SMP Al Irsyad Banyuwangi.

Program SOBAT merupakan langkah inovatif yang memperkuat hubungan antara sekolah dan orang tua, mengakui peran keduanya dalam membentuk generasi masa depan yang tangguh. Dengan durasi 4 bulan dan materi yang disusun secara sistematis, program ini menawarkan kesempatan bagi orang tua untuk memperluas wawasan, pengetahuan, dan keterampilan terkait perkembangan anak.

Baca juga: Membangun Pendidikan Bermutu

Ustadzah Ratna (Kepala Sekolah SMP Al Irsyad Banyuwangi), dalam pembukaannya, menekankan pentingnya keterlibatan orang tua dalam mendukung perkembangan anak tercinta. Beliau menyadari bahwa orang tua memiliki peran yang sangat signifikan dalam membentuk karakter, nilai-nilai, dan potensi anak. Dengan demikian, program SOBAT(Sekolah Orang Tua Hebat) bukan hanya menjadi sarana untuk memperoleh informasi, tetapi juga sebagai wadah untuk memperkuat ikatan emosional antara orang tua dan anak.

Sementara itu, ustadzah Leza sebagai fasilitator program, menegaskan bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak memiliki dampak yang jauh lebih luas daripada yang mungkin terlihat. Melalui keterlibatan aktif dalam proses pendidikan, orang tua dapat memahami kebutuhan individual anak, memperkuat komunikasi keluarga, dan membantu anak mengembangkan potensi terbaiknya. Juga menyampaikan manfaat keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak diantaranya; Meningkatkan keinganan anak untuk bersekolah, meningkatkan kepercayaan diri anak, meningkatkan perilaku positif anak, meningkatkan pencapaian perkembangan anak.

Namun, penting untuk diakui bahwa keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak tidak selalu mudah dilakukan sehingga perlu perjuangan, pengorbanan, dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua agar tujuan pendidikan dapat tercapat secara optimal.

Baca Juga: Prestasi Siswa SMP Al Irsyad Banyuwangi

Check Also

Kolaborasi Kunci Meningkatkan Mutu Pendidikan

Banyuwangi 14 Mei 2024, SMP Al Irsyad Banyuwangi kedatangan Tim Direktur Eksekutif Pendidikan Al Irsyad …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *